Laporan training smk
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pelaksanaan praktik kerja industri
(prakerin) adalah sebuah pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan di Dunia
Usaha atau Dunia Industri yang relevan dengan kompetensi keahlian yang
dimilikinya masing masing, dalam upaya meningkatkan mutu Sekolah Menengah
Kejuruan (SMK) dan juga menambah bekal untuk masa masa mendatang guna memasuki
dunia kerja yang semakin banyak serta ketat dalam persaingannya seperti saat
ini, selain itu dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,
banyak peralatan baru yang diciptakan guna menunjang banyaknya permintaan
produksi barang atau jasa yang menimbulkan perubahan mendasar untuk mendapat
pekerjaan, sehingga tenaga kerja dituntut bukan hanya memiliki kemampuan teknis
belaka, tetapi juga harus lebih fleksibel dan berwawasan lebih luas, inovatif
serta didukung dengan keterampilan yang kompeten, maka dengan adanya kegiatan
prakerin siswa dan siswi dapat mengasah dan juga megimplementasikan materi yang
didapatkannya di sekolah langsung ke dunia usaha atau dunia industry yang
relevan dengan kemampuannya masing masing.
Dalam upaya untuk mewujudkan Visi dan
Misi nya, SMK Negeri 2 Bangli melaksanakan berbagai kegiatan demi menjadikan
siswa dan siswi yang siap memasuki dunia kerja dan dunia industri (DU/DI),
tentunya hal itu tidak dapat diraih dengan mudah, tidak hanya dengan belajar
berbagai teori yang berada di sekolah, namun seorang siswa atau siswi harus
belajar mengenai bagaimana lingkungan yang berada di dunia kerja dan tentunya
bagaimana pekerjaaan yang akan dihadapinya nanti selepas lulus dari sekolah.
Praktek kerja industry ini di lakukan untuk memadukan secara sistematik dan
sinkron program pendidikan di sekolah dan program penguasaan keahlian yang di
peroleh melalui kegiatan praktek langsung di dunia usaha atau dunia industry
selain itu melalui kegiatan praktek kerja industry ini siswa mendapat
pengetahuan, serta wawasan dan menjadi lebih terampil di bidang pariwisata.
Sehingga nantinya mampu bersaing dan mampu menjadi calon tenaga kerja siap
latih, handal dan professional.
B. Landasan Hukum PKL
1.
Undang- undang no 20 tahun
2003, tentang sistem pendidikan nasional: Pendidikan adalah usaha sadar dan
terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta
didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan
spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia,
serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
2.
Kepmen pendidikan dan kebudayaan no
323/u/1997, tentang penyelenggaraan prakerin SMK. [download : SK
Mendikbud no. 323/U/1997 tentang PSG / Prakerin] Peraturan Pemerintah No. 29 tahun 1990
tentang Pendidikan Menengah yang antara lain :
a. Penyelenggaraan sekolah menengah dapat bekerja sama dengan masyarakat terutama dunia usaha / industri dan para dermawan untuk memperoleh sumber daya dalam rangka menunjang penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan.
b. Pada sekolah menengah dapat dilakukan uji coba gagasan baru yang diperlukan dalam rangka pengembangan pendidikan menengah.
a. Penyelenggaraan sekolah menengah dapat bekerja sama dengan masyarakat terutama dunia usaha / industri dan para dermawan untuk memperoleh sumber daya dalam rangka menunjang penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan.
b. Pada sekolah menengah dapat dilakukan uji coba gagasan baru yang diperlukan dalam rangka pengembangan pendidikan menengah.
3.
Kepmendikbud No. 080/V/1993 tentang kurikulum
sekolah menengah kejuruan yangmenyatakan :
a. Menggunakan unit produksi sekolah beroperasi secara professional sebagai wahana pelatihan kejuruan.
b. Melaksanakan sebagai kelompok mata pelajaran kejuruan di sekolah, dan sebagailainnya di dunia usaha dan industri.
c. Melaksanakan kelompok mata pelajaran keahlian kejuruan sepenuhnya di masyarakat dunia usaha dan industri.
a. Menggunakan unit produksi sekolah beroperasi secara professional sebagai wahana pelatihan kejuruan.
b. Melaksanakan sebagai kelompok mata pelajaran kejuruan di sekolah, dan sebagailainnya di dunia usaha dan industri.
c. Melaksanakan kelompok mata pelajaran keahlian kejuruan sepenuhnya di masyarakat dunia usaha dan industri.
C. Rumusan Masalah
Sehubungan dengana latar
belakang yang diungkapkan di atas, maka dapatlah dirumuskan masalah yang akan
dihimbau sehingga apa yang menjadi
tujuan akan dapat tercapai. Adapun beberapa rumusan masalah sebagai berikut :
1.
Bagaimana pembagian jadwal selama praktik kerja lapangan di Ibis
Styles Bali Denpasar?
2.
Bagaimana prosedur dalam pelaksanaan praktik kerja lapangan ?
3.
Bagaimana perbandingan antara teori dan praktik kerja lapangan di Ibis
Styles Bali Denpsr?
D. Tujuan dan Manfaat PKL
1. Tujuan PKL:
Adapun tujuan dari penulisan laporan
yaitu :
a.
Untuk mengetahui penjadwalan selama praktik kerja lapangan di Ibis
Styles Bali Denpasr
b.
Untuk mengetahui prosedur dalam pelaksanaan praktik kerja lapangan di
Ibis Styles Bali Denpasar
c.
Untuk mengetahui perbandingan teori selama pelaksanaan praktik kerja
lapangan di Ibis Styles Bali Denpasar
d.
Untuk mengetahui apa saja kendala dan keberhasilan yang ditemui selama
praktik kerja lapangan
e.
Untuk mengetahui solusi terhadap permasalahan yang dihadapi selama
praktik kerja lapangan
2. Manfaat PKL :
a.
Manfaat untuk hotel :
1.
Membantu Meringankan pekerjaan para senior/staff.
2.
Membantu penjualan produk hotel.
3.
Mendapat bantuan tenaga tanpa harus membayar gaji.
4.
Sebagai media promosi.
5.
Terjadinya kerjasama antara pihak hotel dengan sekolah supaya nantinya
dengan mudah mendapatkan tenaga kerja.
b.
Manfaat untuk sekolah
1.
Pendidikan di sekolah juga semakin
dipercaya hotel
2.
Sekolah menjadi lebih dikenal oleh kalangan umum.
3.
Meluluskan siswa yang terampil karena sudah melaksanakan On The Job Training.
4.
Untuk mengetahui tingkat keberhasilan sekolah dalam mendidik para
siswa.
c.
Manfaat untuk siswa
1.
Menumbuhkan & meningkatkan
sikap profesionalisme yang diperlukan siswa untuk memasuki dunia industry.
2.
Menjadi lebih berani untuk melayani tamu secara langsung. Memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab atas pekerjaan yang
telah diberikan.
3.
Merasakan langsung bagaimana terjun di tempat kerja.
4.
Meningkatkan keterampilan dan frofesionalisme kerja siswa khususnya di
lapangan perhotelan. Menambah pengetahuan dan gambaran
tentang dunia industry.
5.
Menambah wawasan dan mengetahua
cara kerja di dunia industry
6.
Menambah wawasan/pengalaman di tempat kerja.
7.
Terbukanya peluang untuk bekerja di hotel
BAB II
PROSES DAN
HASIL BELAJAR DI DU/DI
A.
Gambaran Umum
Perusahaan Ibis Styles Bali Denpasar
1. Sejarah Berdirinya Hotel
Ibis Styles
Bali Denpasar adalah salah satu kegiatan akomodasi atau hotel berbintang 3
(tiga) yang secara administrasi berlokasi di Jl. Teuku Umar no 183, Denpasar.
Selaku pemilik (owner) dari Hotel Ibis Styles Bali Denpasar adalah PT Sunindo Indah Hotel, yang beralamatkan Jl.
Letjend Suprapto, No. 78, Jakarta Pusat.
Pihak owner
telah mempercayakan pengelolaan hotel ini kepada salah satu management
pengelola hotel terbesar di dunia yaitu ACCOR, dimana ACCOR sendiri telah
mengelola lebih dari 6.500 hotel diseluruh dunia dengan nama Pullman, Sofitel
Luxury, MGallery, Novotel, Mercure, Ibis, All Season, Ibis Styles, Ibis Red,
Ibis Budget, Formula 1, dll.
Pembangunan Hotel All Seasons
Denpasar Bali telah dibangun pada periode 2010 dan memasuki masa soft opening
pada 1 Juli 2011, Grand opening pada 1 Oktober 2011 dan kemudian Re-branding
menjadi Ibis Styles Bali Denpasar pada bulan 19 Desember 2014. Hotel Ibis
Styles Bali Denpasar mempunyai fasilitas hotel adalah sebagai berikut, 153
kamar dimana untuk ukuran Superior 143 rooms, Deluxe 3 rooms, Family 5 rooms
dengan fasilitas adalah pendingin ruangan (AC), IDD Telephone, televisi
(Satelit), electronic key card, mini bar, coffee & tea making facilities
dan safe doposit box. Selain fasilitas tersebut diatas Hotel Ibis Styles Bali
Denpasar juga mempunyai restaurant &
bar yaitu Montana Restaurant & Bar, 5 Meeting Room yaitu Plumeria 1,
Plumeria, 2 Plumeria 3, Plumeria 4, dan Plumeria 5, 1 SPA, 1 Fitness
Center, 3 souvenir shop, 1 Tour &
Travel, Car Rental, Wifi Connection, Laundry Service, Doctor on Call, dan
basement free car park.
2. Kepemilikan
dan Lokasi Hotel
Pihak owner telah mempercayakan
pengelolaan hotel ini kepada salah satu management pengelola hotel terbesar di
dunia yaitu ACCOR, dimana ACCOR sendiri telah mengelola lebih dari 6.500 hotel
diseluruh dunia dengan nama Pullman, Sofitel Luxury, MGallery, Novotel,
Mercure, Ibis, All Season, Ibis Styles, Ibis Red, Ibis Budget, Formula 1, dll.
Ibis
Styles Bali Denpasar yang berlokasi di Jl. Teuku Umar no 183, Denpasar. Selaku
pemilik (owner) dari Hotel Ibis Styles Bali Denpasar adalah PT Sunindo Indah Hotel, yang beralamatkan Jl.
Letjend Suprapto, No. 78, Jakarta Pusat.
-Telepon (
0361 )228228 Fax ( 0361 ) 228545.
-Email; info@ibisstylesbalidenpasar.com.
3. Fasilitas yang Dimiliki Hotel
Sebagai hotel yang dikatagorikan sebagai
hotel bintang tiga (3) di Bali memiliki
berbagai macam fasilitas yang menunjang
pelayanan kepada tamu. Adapun fasilitas-fasilitas yang dimiliki oleh hotel ini
adalah :
a. Kamar Ibis Styles Bali Denpasar berdiri
dengan 4 lantai dan mempunyai 153 kamar bergaya modern, semua kamar adalah “Non
Smoking room”.Salah satu kelebihan dari kamar-kamar yang ada di Ibis Styles
Bali Denpasar adalah, semua kamar dilengkapi dengan “ Bolster / Bantal Guling “
Tipe kamar yang kita miliki adalah :
·
Superior Double dengan
luas 20 M² dengan total 30 kamar dengan Balcony dan 40 kamar tanpa Balcony.
·
Superior Twin dengan
luas 20 M² dengan total 33 kamar dengan Balcony dan 42 kamar tanpa Balcony.
·
Deluxe Room memiliki
luas 24 M² sebanyak 3 kamar
·
Family room dengan
luas 28 M² sebanyak 5 kamar
Setiap kamar dilengkapi dengan :
·
Free wi-fi
·
LCD flat scren TV
·
Tea and coffee making facilitiesss
·
Safety box
·
Mini bar
·
Telephone
·
Wi-Fi in your room
·
Work desk in all rooms
Sedangkan untuk kamar mandi dilengkapi dengan :
·
Shower
·
Hair Dryer
![Description: D:\All Seasons\All Seasons Logo Photo\Foto2\Foto utk Design Hotel\Room1 opt copy kecil.jpg](file:///C:/Users/Client/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image002.jpg)
SUPERIOR DOUBLE
![Description: D:\All Seasons\All Seasons Logo Photo\Foto2\Foto utk Design Hotel\Room2 opt copy kecil.jpg](file:///C:/Users/Client/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image004.jpg)
SUPERIOR TWIN
![Description: D:\All Seasons\All Seasons Logo Photo\Foto2\Foto Terbaru Hotel Nov 2011\Jpg low\Bedroom opt.jpg](file:///C:/Users/Client/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image006.jpg)
DELUXE ROOM
![Description: C:\Users\user\AppData\Local\Microsoft\Windows\Temporary Internet Files\Content.Outlook\1KQ2U2OW\Family Room WithoutTalent.jpg](file:///C:/Users/Client/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image008.jpg)
FAMILY ROOM
b. Service and Facilities
1.
LOBBY
Selain Front Desk di lobby, juga
tersedia Lobby Lounge dan Kids Corner yang dapat digunakan oleh tamu sembari
manunggu proses check in ataupun check out.
2.
MONTANA RESTAURANT & BAR
Menyajikan menu
Western & Asian, Montana Restaurant & Bar buka untuk breakfast, lunch,
dinner dan room service. Breakfast buka mulai pukul 06.00 – 10.30 sedangkan
untuk a la carte buka sampai dengan pukul 22.30 dengan last order pukul 23.00.
Selain makanan para tamu juga dapat menikmati minuman yang dapat di pesan di
bar mulai dari Kopi, Juice, Beer, Wine, Cocktail, dll
3.
MEETING ROOM
![](file:///C:/Users/Client/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image010.gif)
4.
ASTERID SPA
Spa tersedia bagi tamu hotel maupun tamu luar hotel yang di
buka dari pukul 09.00- 23.00.
5.
FITNESS CENTER :
Fitness center juga tersedia di satu ruko dengan Asterid Spa
dilengkapi dengan alat – alat fitness yang memadai buka dari pukul 06.00 sampai
dengan 22.00
d.Facilities lainnya antara lain
yaitu:
a.
Transportation
Arrangement meliputi :
-
Return Transfer to Airport
-
Drop to Certain places
-
Half Day Tour
-
Full Day
Tour
-
Luxury Car
Package
-
Bus ( 25
seats and 50 seats )
b.
Business Centre meliputi :
-
Local
& IDD Telephone call
-
Fax
-
Photo Copy
-
Typing
& Printing
c.
Laundry & Dry Cleaning
d.
Free Shuttle to Kuta Central Parking
4.
Struktur Organisasi
a.
Struktur Organisasi
![Description: C:\Users\Client\Downloads\Screenshot_20190607-112059_WPS Office.jpg](file:///C:/Users/Client/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image012.jpg)
b. Struktur Organisasi Department
c. Tugas dan Tanggung Jawab
Masing-masing Jabatan
A.
Food and Beverage Manager
Tugas-tugasnya
:
a)
Bertanggung jawab kepada
General Manager atas operasional pada FoodandBeverage
Department.
b)
Mengatur jalannya operasional pada Food and Beverage Depatement.
B.
Restaurant & Bar Supervisor
Tugas-tugasnya
:
a)
Bertanggung jawab kepada Food
and Beverage Manageratas operasional di Restaurant
dan Bar.
b)
Selalu melakukan koordinasi dengan outlet-outlet lain seperti :
1)
Kitchen
2)
House Keeping
3)
Engineering
4)
Accounting
5)
Front Office
c)
Bertugas dalam menerima order dari tamu yang mau makan di Reastaurant maupun di kamar.
d)
Membuat report di logbook.
e)
Opening dan closinginventory.
f)
Checking Staff.
g)
Mengecek Preparation.
h)
Conduct trainee.
i)
Closing.
C.
Waitress/waiter and Bartender
Tugas-tugasnya
:
a)
Bertanggung jawab kepada Restaurant
dan Barsupervisor atas operasional di
Restaurant.
b)
Melayani tamu dengan menerima order baik di Restaurant maupun di kamar dan membawa
pesanan makanan atau minuman kepada tamu.
c)
Membuat atau meramu minuman baik yang mengandung alcohol maupun tanpa alcohol.
d)
Membersihkan dan mengambil kembali peralatan kamar, sisa
makanan tamu (clear up) dari dalam
kamar apabila tamu sudah selesai makan.
e)
Memelihara kebersihan Restaurant
area dan kebersihan peralatan-peralatan yang digunakan pada saat
operasional.
f)
Preparation.
g)
Membuat bill tamu.
h)
Closing.
D.
Trainee
Tugas-tugasnya :
a)
Membantu senior menyiapkan segala peralatan yang digunakan
saat operasional.
b)
Membantu senior membawa serta clear up makanan dari Restaurant
maupun dari kamar ke steward area
untuk dibersihkan.
c)
Membantu senior membawa makanan atau minuman ke kamar.
d)
Melakukan preparation.
e)
Membuat minuman campuran baik yang mengandung alcohol maupun tanpa alcohol.
f)
Membantu senior takingorder.
g)
Membersihkan segala peralatan yang dipakai pada saat
operasional.
h)
Ikut menjaga kebersihan di areaRestaurant.
i)
Closing.
B. Proses dan Hasil Belajar di
DU/DI
1. Pembagian Jadwal Selama
Praktik Kerja Lapangan
Jadwal praktik kerja lapangan dan
jangka waktu pelaksanaan praktik kerja lapangan yang dilaksanakan dapat
diuraikan sebagai berikut :
Ø Morning shift 06.00 am-14.00 pm
Ø Midle Shift 12.00 pm-20.00 pm
Ø Afternoon Shift 15.00 pm-23.00 pm
Penulis juga mendapatkan beberapa menu yang terdapat di Montana Restaurant
, antara lain sebagai berikut ;
1.
Appetizer antarai lain:
a.
Chicken Caesar salad: Baby
romaine lettuce, with Caesar draising,
servToed withsmoked chicken and garlic
bread,.
b.
Spring Rool: Creaspy, deep fried, vegetables, rolled served with
chili sauce.
2.
Soup
a.
Tom Yam Seafood: Thai seafood
soup with prownd, squid, fish and musroom served with steam
rice.
b.
Cream Mushrom Soup: The velaote
mushroom soup served with garlic bread .
3.
Main Course
a.
Beef Burger: Homedmade, prime beef
patty with chees coleslaw and French fries.
b.
Club Sandwich: Toas bread with beef,
bacon , chees and egg and served with colestaw and French fries.
4.
Desssert
a.
Pancake: Pancake with ice cream
b.
Banana Splite: Banana boat
served with three selection of ice cream.
c.
Fresh fruit Platter: Sliced
tropical fresh fruit in the island.
2. Prosedur Kerja Dalam Pelaksanaan Praktik
Kerja Lapangan
A.
Standard & Procedure Handling
Breakfast Lunch and Dinner At Montana
Restaurant
Step by step
1.
Set
up table
Untuk
breakfast ( main fork+knife, dessert spoon, cup&saucer+tea spoon, B&B plate+knife,
Tumbler glass, sugar dan napkin.
Untuk lunch (main
fork+knife, water goblet dan napkin)
Untuk
dinner (main fork+knife, pasta spoon, soup spoon, water goblet, red wine glass,
napkin dan candle holder.
2.
Greeting
Kita
harus menyapa tamu dari jarak 3 meter, dengan mengucapkan : “ selamat pagi
bapak/ibu jhon welcome at batukaru restaurant”
3.
Sitting
guest
Alokasikan
tamu ke table yang diinginkan, lalu tarik kursi di mulai dari yang wanita ,
persilakan tamu duduk.
4.
Unfolding
napkin
Ambil
napkin yang ada dihadapan tamu , buka lipatan , biarkan dalam bentuk segitiga
kemudian taruh diatas paha tamu, tangan jangan sampai menyentuh paha tamu.
5.
Open
glass
Buka
tumbler glass yang ada didepan tamu(untuk breakfast), buka water goblet (untuk
lunch dan dinner) lalu tanyakan jenis air yang tamu inginkan cold atau room
temerature water.
6.
Serve
face towel
Kecuali
breakfast kita serve towel ke tamu sesuai dengan cuaca, cuaca panas serve cold
towel, cuaca dingin serve warm towel, serve towel satu persatu ke tamu dimulai
dari yang wanita, lalu letakan tempat yang digunakan untuk serve towel
ditengah-tengah meja.
7.
Pouring
water
Serve
water seusai dengan pesanan tamu. Tuangakan perlahan-lahan dibagian sisi gelas
kemudian tarik ke tengah-tengah gelas , tuangkan air kirang lebih 1cm dibawah
bibir gelas.
8.
Persenting
drink list
Berikan
tamu drink list( untuk lunch &dinner) dalam posisi terbuka. Pegang bagian
atas menu untuk memudahkan tamu mengambil menu.
9.
Taking
order drink
Taking
order dimulai dari yang wanita setelah kita melihat tamu sudah siap atau menu
sudah ditutup.
10.
Order
minuman
Order
minuman ke bar.
11.
Persenting
menu
Berikan
menu ke tamu posisi sama seperti persenting drink list, kita bisa memberikan
sudgestion makanan atau minuman yang paling disukai atau top selling ke tamu.
12.
Taking
order food
Taking
orde dimulai dari yang wanita, selalu follow up untuk tingkat kematangan
makanan yang diinginkan tamu ( steak,
dan eggnesess). Selalu follow up condiement dari makan tersebut(rice, french
frise, mashed potato, toast, dll).
13.
Serve
welcome drink & tisser
Serve
welcome drink (cocktail/mocktail) dulu, baru kta serve tisser kemudian kita
jelaskan bahan bahannya at dinner time.
14.
Adjusting
cover
Adjusting
culteleris sesuai makanan yang dipesan oleh tamu.
15.
Serve
makana dan minuman
Serve
makanan dan minuman dari sebelah kanan tamu menggunakan tangan kanan dimulai dari wanita dan langsung mengucapkan
nama makanananya. Jika tidak memungkinakan dari sebelah kanan servi dari kiri
menggunakan tangan kiri. Lalu persilakan tamu menikmati makanannya.
16.
Clear
up plate
Sebelum
clear up plate tanyakan apakah tamu menikmati makanannya dan bagaimana rasa
makanannya. Clear up dari sebelah kanan tamu. Lalu lakuakan crumbing down
menggunakan napkin yang dilipat dan tempat crumbing down. Dilakukan dari sebelah
kanan lalu kiri.
17.
Persenting
dessert menu
Dimulai
dari wanita posisi sama seperti persenting menu
18.
Taking
order dessert
Taking
order dimulai dari wanita jika tamu sudah siap.
19.
Adjusting
cover
Adjusting
culteleris sesuai pesanan tamu
20.
Serving
dessert
Serve
makanan ketamu dari sebelah kanan dimulai dari wanita, kemudian persilakan tamu
menikmati makanan.
21.
Fareweel
to guest
Setelah
tamu selesai makan bantu tamu untuk bangun dengan cara menarik kursi tamu,
kemudian thank to guest. (thank you very much, have a good day)
Bidang tugas yang dilaksanakan penulis
selama melakukan Praktik Kerja Lapangan yaitu Food and Beverage Service yang
ditempatkan di Ibis Styles Bali Denpasar :
At Montana Restaurant
Tugas selama melakukan
prakerin antara lain:
1.
Morning Shift
·
Handle Breakfast
·
Clear up table guest
·
Closed Breakfast
·
Membersihkan area
Restaurnt
·
Membawa linen ke
laundry
2.
Midle Shift
·
Prepare cuteleris
·
Handle Lunch
3.
Afternoon Shift
·
Set up buffet
·
Set up Coffe Break
·
Taking oder
·
Handle Dinner
·
Room Service
·
Set
up Bangket
3. Perbandingan Antara Teori dengan Praktik Kerja Lapangan
Setelah melakukan kegiatan Training, ada banyak perbedaan
antara teori dengan pelaksanaan pratek kerja nyata. Perbedaannya adalah
mahasiswa bisa langsung berhadapan dengan tamu, dan bisa melihat bagaimana
sistem kerja di dalam sebuah hotel, juga bisa mengasah pengetahuan dalam dunia
kerja dan melatih bahasa yang digunakan, pada umumnya adalah bahasa inggris,
mahasiswa bisa mendapatkan kosa kata baru, sehingga dapat menambah wawasan dalam
bahasa, selain itu mahasiswa juga bisa belajar membuat minuman atau makanan
yang belum bisa didapatkan dari kampus.
Misalnya membuat kopi
menggunakan mesin kopi, membuat berbagai jenis kocktail atau mocktail. Selain
itu mahasiswa juga bisa mempelajari menu dan melihat langsung makanan. Jika
pada teori yang didapatkan di kampus mahasiswa tidak bisa melakukan kegiatan taking
order langsung kepada tamu, dengan melakukan praktek kerja nyata, mahasiswa
bisa belajar dan mencoba taking order kepada tamu, sehingga mahasiswa bisa
mengetahui hal-hal apa saja yang perlu dilakukan saat taking oredr. Jadi banyak sekali perbedaan dan maanfaat
dari melakukan kegiatan praktek kerja nyata ini.
4. Kendala yang Ditemui Selama
Praktik Kerja Lapangan
1.
Pada waktu
pertama kali memulai On The Job Training
pekerjaan belum sepenuhnya bisa dilakukan dengan baik, dan sulit untuk
beradaptasi.
2.
Sulit mengingat dan menghafalkan semua jenis makanan dan
minuman yang ada dalam menu, baik dari
metode pembuatannya, maupuningredients-nya
dari makanan ataupun minuman tersebut.
3.
Kurangnya penguasaan bahasa asing sehingga mengakibatkan
sulitnya mengerti segala keiinginan atau permintaan tamu.
5. Keberhasilan yang dialami selama Praktik Kerja Lapangan
1. Bisa mengenal berbagai jenis makanan / menu
yang di jual, kemudian penulis juga
bisa mempelajarinya kembali setelah selesai melaksanakan praktik kerja
lapangan.
2. Mendapatkan pembelajaran mengenai bagaimana menjadi seseorang yang
profesional dalam melayani tamu dengan baik.
5. Solusi Untuk Permasalahan yang Dihadapi
Agar dapat melaksankan praktek kerja nyata
, penulis harus mendapatkan solusi untuk semua masalah yang didapat saat
melaksanakan praktek kerja nyata yaitu sebagai berikut:
1.
Menyesuaikan
diri dengan lingkungan dan seluruh staff yang ada di hotel, harus ramah dan
suka menyapa atasan atau senior di departemen yang lain.
2.
Mempelajari
menu dan harus bisa menghapal nama dan bahan – bahan dari makanan atau minuman
yang dijual di dalam hotel.
3.
Mempelajari
bahasa asing dan lebih sering praktis tentang pengetahuan bahasa baik dengan
tamu , teman atau senior di tempat training.
BAB III
PENUTUP
A. Simpulan
Dari laporan yang telah dipaparkan, penulis
dapat mengambil kesimpulan :
a.
Praktek kerja (On The
Job Training) adalah salah satu peningkatan wawasan kita mengenai
perhotelan dan kepariwisataan dan juga mendapatkan ilmu pengetahuan yang lebih
serta percaya diri.
b.
Praktek kerja (On The
Job Training) sangat bermanfaat bagi para mahasiswa dan mahasiswi, karena
dengan adanya praktek kerja dapat mengetahui bagaimana standar pelayanan di
tempat industri kepada para tamu.
c.
Dengan praktek kerja lapangan kita bisa mengetahui bagaimana
sesungguhnya pekerjaan di hotel itu. Teori yang kita dapatkan di kampus
kadang-kadang berbeda dengan yang ada di hotel. Maka itulah tujuan melakukan
praktek kerja lapangan (On The Job
Training) secara langsung selain mendapatkan teori-teori yang baru kita
juga dapat memperkaya maupun membenahi teori yang kita dapatkan di Sekolah
B. Saran-Saran
A.
Saran-saran untuk Hotel
Selama mengikuti On The Job Training banyak pengalaman
yang telah penulis dapatkan, namun ada yang penulis sarankan kepada bagian F & B Departement khususnya Restaurant, supaya membimbing dengan
sabar kepada para trainee-nya dan
penulis menyarankan agar para kakak-kakak senior semua selalu bersatu dalam
memberikan pelayanan yang baik terhadap
tamu, hindari juga perselisihan diantara kalian.
B.
Saran-saran untuk Sekolah
Mengingat On The Job Training sangatlah penting bagi mahasiswa atau mahasiswi
sebagai calon karyawan hotel, maka penulis sarankan kepada Sekolah :
a.
Sekolah hendaknya dapat menambah alat-alat yang dirasakan
kurang untuk kepentingan praktek sehingga pada waktu On The Job Training kita akan merasa siap.
b.
Dalam proses pembelajaran di kelas waktu perlu ditambah.
Sehingga mahasiswa atau mahasiswi bisa sepenuhnya menguasai teori-teori sebelum
menuju dunia industri.
c.
Kesempatan praktek di sekolah hendaknya ditambah dan
diperbanyak lagi, supaya setelah tamat dapat disalurkan ke dunia industri.
DAFTAR PUSTAKA
Lampiran 01. Foto – foto Ibis Styles
& Montana Restaurant
![Description: Gambar terkait](file:///C:/Users/Client/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image016.jpg)
![Description: Gambar terkait](file:///C:/Users/Client/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image018.jpg)
![Description: F:\Foto ASBD\Restaurant.jpg](file:///C:/Users/Client/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image020.jpg)
MONTANA RESTAURANT & BAR
![Description: F:\Foto ASBD\Smoking Area Guest Service.jpg](file:///C:/Users/Client/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image022.jpg)
SMOKING AREA REST
Lampiran 02. Foto Kegiatan Selama
Prakerin
![](file:///C:/Users/Client/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image024.jpg)
![](file:///C:/Users/Client/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image026.jpg)
![](file:///C:/Users/Client/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image028.jpg)
![](file:///C:/Users/Client/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image030.jpg)
![](file:///C:/Users/Client/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image032.jpg)
Lampiran 03. Foto Sertifikat Prakerin
Komentar
Posting Komentar