Contoh Laporan Prakerin
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belekang Prakerin
Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri atas ribuan pulau. Dengan kondisi geografis
sedemikian rupa menyebabkan Indonesia
memiliki keanekaragaman budaya, adat istiadat,
bahasa, ras dan lain-lain, yang sangat tersohor ke seluruh dunia. Di antara
sekian banyak pesona keindahan, ada satu nama yang sangat mendunia, yaitu Pulau
Bali. Keindahan alam berpadu dengan kebudayaan yang masih terjaga, membuat
Pulau Dewata menjadi primadona wisatawan
dari berbagai belahan dunia untuk menikmati keindahannya. seiring dengan
pesatnya pertumbuhan pariwisata di Bali, diperlukan adanya sarana prasarana
pendukung serta peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) untuk mendukung
perjalanan pariwisata di Bali.
Sehubungan dengan upaya peningkatan
kualitas sumber daya manusia, maka didirikanlah sekolah-sekolah pariwisata
dengan Pendidikan Sistem Ganda yang memadukan antara teori yang didapat di
sekolah dengan praktik di dunia usaha/dunia industri (DU/DI). Hal tersebut
bertujuan untuk menciptakan sumber daya manusia yang cerdas, berkompeten, dan
siap bersaing di dunia usaha dan dunia industri. Dengan adanya praktik langsung
di dunia usaha dan dunia industri atau yang dikenal dengan Prakerin telah mampu
mewujudkan tujuan Pendidikan Sistem Ganda tersebut, sehingga program tersebut
terus digalakkan untuk mencetak tenaga kerja atau sumber daya manusia yang
benar-benar cerdas, berkompeten dan siap terjun dan bersaing di dunia industri.
Prakerin merupakan kegiatan yang
harus diikuti oleh seiap siswa SMK yang di siapkan untuk menjadi tenaga kerja
yang siap untukmengisi lapangan kerja tingkat menengah sesuai bidang ke ahlian
yang ditekuninya.
Latar Belakang pelaksanaan Prakerin menambah ilmu pengetahuan dalam industri / perusahaan
untuk meningkatkan mutu atau kualitas sebagai lulusan SMK untuk
menjadi sumber daya manusia yang handal dan profesional. Untuk itu siswa dan
guru pembimbing yang dipandang perlu mempunyai pedoman yang sama berupa buku
jurnal laporan kegiatan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN). Jurnal ini masih perlu
penerapan yang lebih baik dari pihak intansi/perusahaan maupun sekolah.
1.2
Tujuan
Prakerin
Setiap pendidikan baik formal maupun non
formal mempunyai tujuan yang sama, yaitu untuk meningkatkan mutu dan kualitas
sumber daya manusia, maka didalam pembuatan laporan dari hasil praktik kerja Industri
yang merupakan tugas akhir dalam bentuk laporan tertulis yang meliputi beberapa
aspek secara umum yaitu :
v Sebagai
bukti bahwa penulis telah melaksanakan praktik kerja Industri.
v Sebagai
tolak ukur bagi sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan.
v Agar
dapat berlatih diri dalam memecahkan bahan masalah yang berupa laporan.
v Penulis
dapat memenuhi pengetahuan dasar yang diperoleh dari sekolah dengan pengetahuan
selama Prakerin di Ubud Tropical
Garden Suite
1.3
Tujuan
Penulisan Laporan
Tujuan dari pembuatan laporan ini adalah
agar siswa dapat melatih jiwa mandiri, berani, bertanggung jawab serta
disiplin. Selain itu juga dapat mengkaji ilmu terapan di lapangan dengan
sekolah. Adapun isi laporan yang harus disusun adalah hasil kegiatan selama
praktik kerja Industri. Tujuan dari pembuatan laporan ini antara lain :
1.3.1
Sebagai bukti telah
melaksanakan Praktik kerja Industri.
1.3.2
Sebagai laporan dari
hasil praktik kerja Industriyang telh dilaksanakan secara tertulis.
1.3.3
Sebagai bukti tetulis
bahwa penulis telah melaksanakan praktik kerja Industri.
1.3.4
Untuk melaporkan
pengalaman-pengalaman yang di dapat selama melaksanakan praktik kerja Industri
di Ubud Tropical Garden Suite.
1.3.5
Untuk memberikan
gambaran secara singkat tentang keadaan dan kondisi tempat melaksanakan praktik
kerja Industri.
1.4
Lokasi
Dan Waktu Pelaksanaan Prakerin
1.
Ubud Tropical Garden Suites-Spa berjarak
35 kilometer dari kawasan wisata Kuta / 25 Km dari Denpasar dan di tempuh selama 60 menit
berkendara dari Bandara Internasional Ngurah Rai, menghadap ke hutan Monyet,
Ubud Tropical Garden Suites Suites-Spa terletak di Pusat Kota Ubud, 50 meter
dari hutan Mongkey. Menampilkan kolam renang outdoor dan makan, hotel ini juga
memiliki spa.
Telephone
: (+62) 81 236 312 557,
Faksimili
: (+62) 361 978209
Website : www.ubudtropicalgarden.com
Waktu Pelaksanaan Prakerin
Waktu pelaksanaan prakerin yaitu dari tanggal 6
Desember 2017 sampai tanggal 5 Maret 2018. Selama Empat Bulan, penulis mendapat shift
pagi dari jam 07:00-15:00 di Room Attendant
dan shift sore dari jam 15:00-23:00 di Room
Attendant & Public Area.
1.5
Manfaat Penyelenggaraan
Prakerin
Penulis dapat mengetahui secara
langsung bagaimana proses pembokingan suatu akomondasi, transportasi bus serta
yang lainnya. Penulis mendapatkan pengalaman kerja secara nyata dalam
perusahaan. Penulis dapat mengaplikasikan teori yang di dapat di bangku sekolah
SMK ke dalam dunia kerja yang susungguhnya.
BAB II
GAMBARAN UMUM HOTEL
2.1.
Sejarah
Hotel
Taman tropisresort exclusive
di Ubud Bali, di bangunpadatahun 2014 yang kita kenal dengan nama Ubud
Tropical Garden yang di
kelola oleh Bapak Nyoman Lanus, beliau juga sebagai owner. Dilengkapi dengan restaurant yang dikenal dengan nama Tropical View Cafe Restaurant, dibangun
pada tahun 2012 yang dikelola langsung oleh Bapak Wayan Labe, Bapak Wayan Labe
adalah adik dari Bapak Nyoman Lanus dimana property
mereka di kontrol langsung oleh Owner
Family.
Ubud Tropical Garden danTropical View Cafe Restaurant yang
terletak di samping Hutan Monyet yang sering dikenal dengan sebutan Ubud Monkey Forest. Taman
tropis yang indah, terkenal di dunia ini menawarkan campuran indah gaya modern di
tengah keramaian hijau lingkungan hutan tropis.
Pemandangan padi dan hutan yang indah bisa dinikmati dari Tropical Garden yang disediakan untuk para
wisatawan yang berkunjungdanliburan di Ubud.
Harapan dan motivasi kami untuk memajukan Ubud
Tropical Garden adalah memberikan kenyamanan dan service yang baik kepada
setiap tamu yang dating dan tinggal di Ubud Tropical Garden dan Restaurant View Cafe.
2.2.
Fasilitas
Hotel
a.
Guest Room
Ubud
Tropical Garden , memiliki 3jenis kamaryang terdiri dari :
1) Superior
Room
Located
at the second floor overlooking to the swimming pool. Amenities
a)
Size :
20 sq m
b)
Beds : Single
twin bed
2) Deluxe
Room
The
Deluxe Room come with an additional sofa bed. Located on 3rd and 4th
floor.
a)
Size :
25 sq m
b)
Beds : 1
Double bed
3) Suite Room
Suites
come with an adjoining living area and dining area for greater comfort.
a)
Size :
25 sq m
b)
Beds : 1
Double bed
b.
Guest Room Facilities
1)
Spa
style marble bathroom.
2)
Nature,
all-natural bathroom amenities
3)
Ubud
Tropical Garden rooms are supplied with
the exclusive brands.
4)
Daily
supply of bottled mineral water.
5)
LCD
Television and international satellite channels.
6)
DVD
players (all rooms except resort classic rooms)
7)
Safety
deposit box
8)
IDD
Telephone
9)
Complimentary
broadband internet access.
10)
In-room
refreshment centre
11)
Tea /
coffee making facilities
12)
Spacious
private balcony or terrace.
c.
Guest Service
1)
Guest
Service instant response via a single telephone button in all guest rooms.
2)
Concierge
service with signature “Ayodhya” tips on local attractions.
3)
Complimentary
Wi-Fi service throughout the resort.
4)
Room
service.
5)
Tour
desk.
2.3.
Struktur Organisasi
|
|||
|
|||
Gambar
1.1 StrukturOrganisasiUbud Tropical Garden
BAB III
LAPORAN
KEGIATAN PRAKERIN
3.1 Jadwal Kerja Selama Prakerin
|
1. Jawdal
kegiatan dari bulan desember
Senin
|
Selasa
|
Rabu
|
Kamis
|
Jumat
|
Sabtu
|
Minggu
|
1
|
2
|
3
|
||||
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
21
|
22
|
23
|
24
|
25
|
26
|
27
|
28
|
29
|
30
|
31
|
2. Jadwal
kerja dari bulan januari
Senin
|
Selasa
|
Rabu
|
Kamis
|
Jumat
|
Sabtu
|
Minggu
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
21
|
22
|
23
|
24
|
25
|
26
|
27
|
28
|
29
|
30
|
31
|
3. Jadwal
kerja dari bulan pebruari
Kamis
|
Jumat
|
Sabtu
|
Minggu
|
Senin
|
Selasa
|
Rabu
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
21
|
22
|
23
|
24
|
25
|
26
|
27
|
28
|
4. Jadwal kerja dari bulan maret
Kamis
|
Jumat
|
Sabtu
|
Minggu
|
Senin
|
Selasa
|
Rabu
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
21
|
22
|
23
|
24
|
25
|
26
|
27
|
28
|
29
|
30
|
5. Jadwal kerja dari bulan april
Sabtu
|
Minggu
|
Senin
|
Selasa
|
Rabu
|
Kamis
|
Jumat
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
21
|
22
|
23
|
24
|
25
|
26
|
27
|
28
|
29
|
30
|
3.2 Bidang Tugas Yang Dilakukan Selama Prakerin
Selama empat bulan ini bidang tugas
yang pernah dilaksanakan si penulis yaitu room
attendant dan public area. Dimana
room attendant itu merupakan salah
satu seksi di housekeeping yang
memmiliki tugas dan tanggung jawab untuk menjaga kebersihan, kerapian,
kelengkapan, dan kenyamanan di dalam kamar tamu. Sedangkan public area itu merupakan salah satu seksi di housekeeping yang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menjaga
keberihan, kerapian pada area umum seperti lobby,
pool dan lain sebagainya.
3.3 Jurnal Kegiatan Prakerin
selama empat bulan ini kegiatan
yang pernah dilakukkan anatara lain : Sudah terlampirkan
1.3.1
Room
Attendant
Kegiatan room attendant yaitu ;
1. Mensetup
carry cady guna untuk membawa alat
dan bahan pembersih.
2. Cleaning room
baik stayover maupun check out
a. Mengetuk
pintu minimal 3 kali dengan menyebutkan asal departemen.
b. Jika
tamu stayover, jika sudah diizinkan
membersihkan kita bisa membersihkan room
tersebut. Jika check out kita bias
membuka pintu secara perlahan.
c. Jika
kamar check out yang dilakukan adalah
membuka curtain terlebih dahulu.
d. Mengambil
sampah-sampah yang ada pada kamar maupun bath
room.
e. Melakukan
striping, guna untuk mengganti linen yang baru.
f. Making bed,
mensetup tepat tidur sesuai dengan prosedur yang berlaku.
Di
Ubud Tropical Garden hanya menggunakan single sheet dan duvet. Langkah-langkah making
bed di Mercure yaitu :
·
Pertama
tebarkan sheet supaya merata terlebih dahulu
·
Lalu lipat
sheet dibagin pojok-pojok bed
·
Setelah itu masukan insert ke dalam duve
·
Setelah memasukan insert tebar duve supaya merata
·
Lalu lipat sudut duve di bagian bawah bed
·
Lipat duve di bagin bawah tempat pillow case supaya duve terlihat rapi dan kencang
·
Lalu masukan pillow kedalam pillow case
·
Lalu letakan pillow di atas bed
g. Setelah
itu melangkah pada bath room,
menggosok dinding pada bath room,
kaca, toilet dan lainnya.
h. Sesudah
selesaai melakukan dusting, dengan
mengikuti arah jarum jam.
i.
Melengkapi perlengkapan
yang ada di room, seperti water, condiment, dan lainnya.
j.
Yang terakhir yaitu mopping
dengan mengambil jarak yang terjauh menuju pintu.
1.3.2
Public
Area
1. Mengambil
semua sampah di area umum.
2. Menyapu
tangga
3. Mopping
pada tangga
Dengan
cara mencuci mop dengan air yang
sudah dicampurkan Floor Cleaner dan
lakukan mopping
4.
Cleaning
in pool.
Kegiatan pada
saat melakukan cleaning di pool palingan
cuman disuruh mengambil sampah pada pool
dan menyapu di halaman pool biar
tidak ada satu pun sampah. Dan kadang membawa pool towel dan mengambil soil pool
towel
Sudah terlampirkan kegiatan selama
prakerin.
BAB IV
PENUTUP
4.1 Simpulan
Dari apa yang dijelaskan diatas
penulis dapat simpulkan bahwa apa yang didapat selama 4 bulan ini sangat
berarti. Dan penulis dapat belajar dari pengalaman-pengalaman selama 4 bulan ini. Adanya pelaksanaan
prakerin ini memang sangat membantu di dalam meningkatkan pengetahuan yang
secara langsung didapatkan. Dan penulis mendapatkan pelajaran yang lebih dari
sekolah.
Berdasarkan apa
yang penulis dapatkan selama kegiatan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) dan
yang sebelumnya penulis telah uraikan maka penulis dapat menyimpulkan bahwa;
1.
Pelaksanaan Praktik Kerja
Industri (PRAKERIN) dapat
menumbuhkan sikap disiplin, dan menumbuhkan
sikap untuk lebih menghargai waktu dan uang,
2.
Mengetahui secara langsung situasi dan kondisi serta
jalanya operasional di hotel.
3.
Pelaksanaan Praktik
Kerja Industri (PRAKERIN)
ini dapat dipakai sebagai modal dasar bagi penulis untuk bersaing
mendapatkan kerja di industri pariwisata
4.
Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) dapat melatih bahasa
khususnya dalam bahasa inggris,
khususnya lagi dalam mendengarkan atau listening
dan pengucapan
4.2 Saran
1. Saran untuk sekolah
a. Tingkatkan
jiwa semangat dan mandiri dalam berUsaha.
b. Tingkatkan
bakat dan keahlian yang ada.
c. BerUsaha
agar tidak mudah putus asa dalam menghadapi segala persoalan atau masalah.
d. Jadikan
Prakerin sebagai ajang penerapan ilmu yang telah diperoleh di sekolah.
e. Meningkatkan
daya pikir dan mental siswa, pihak sekolah harus senantiasa memberikan dorongan
dalam melaksanakan Prakerin.
f.
Siswa peserta prakerin selanjutnya
perlu ditempatkan ditempat-tempat yang sesuai dengan jurusan supaya bisa lebih
mendalami dan menambah wawasan pengetahuan dari tempat prakerin tersebut.
g.
Sekolah harus lebih memperhatikan
terhadap siswa yang sedang melaksanakan prakerin , dalam pelaksanaan dan dalam
hal yang bersangkutan dengan perUsahaan yang di tempati.
h.
Mungkin akan lebih jika pelaksanaan
prakerin dipersiapkan terlebih dahulu dengan matang tidak mendadak, demi
kelancaran kegiatan prakerin.
2. Saran untuk tempat Prakerin.
a. Tingkatkan
pelayanan yang memuaskan bagi nasabah.
b. Hubungan
kerjasama antar karyawan harus dijaga dan dipertahankan serta ditingkatkan.
c. Tingkatkan
terus kedisiplinan serta kerjasama antar pegawai.
Foto Kegiatan Selama Prakerin
Making
Bed 1 Membersihkan
toilet bowl 2
Membersihkan
Making Bed 4 Membersihkan Toilet
Dinding
Bath Room 3 Bowl
5
Membersihkan
toilet Membersihkan Halaman
Membersihkan Halaman
Bowl 6 Depan Hotel 7 Depan Hotel 8
Membersihkan Loby
Front Office / Reception
Komentar
Posting Komentar